Sunday, September 16, 2018

Minimal Skincare Routine

Assalamualaikum,



Setelah dua bulan, akhirnya muncul lagi! Long time no see, apa kabar? Kali ini nggak mau kasih janji-janji palsu, doakan saja semoga selalu bisa bercerita di blog ini dengan rajin :)

Sekarang saya lagi pengin bercerita, berbagi tentang skincare di blog. Setahun ini, lumayan banyak produk-produk skincare yang saya coba. Pastinya ada "gagal", manis di awal dan akhirnya gagal dan juga ada yang berhasil. Namanya juga mencari yang cocok, seperti hubungan juga, skincare pun butuh pendekatan hingga akhirnya menemukan yang cocok *apacoba


Setahun yang lalu, sepertinya skincare routine saya "sangatlah ...." gitu deh, coba kalian isi sendiri :D Seperti biasa, skincare routine saya di bagi menjadi tiga yaitu Morning Routine - Night Routine & Weekly Routine. Tapi bedanya, sekarang saya memakai rangkaian produk alami dan juga Indonesia punya alias lokal produk ya walaupun masih ada beberapa yang bukan tetapi tidak ada salahnya kan untuk mencoba mencintai produk negara sendiri?

Oyaaa, singkat cerita selama setahun perjalanan mencari skincare routine yang cocok dengan saya, saya mendadak tidak cocok dengan Natrep alias Aloe Vera Soothing Gel dari Nature Republic akhirnya saya mencoba menggantinya dengan Aloe Vera dari The Saem dan ternyata sama saja, di kulit wajah saya banyak banget muncul beruntusan yang tak kunjung membaik. Akhirnya saya stop pemakaian, dan kembali normal dengan perasan jeruk nipis atau lemon setiap pagi yang saya balurkan ke kulit wajah saya.

Bisa dibilang saat itu saya "puasa" dengan dunia per-skincare-an, setelah sekitar dua bulanan saya mencoba cuka apel toner. Mencoba DIY dengan mengikuti beauty-beauty blogger di youtube. Dan Alhamdulillah cucok meong di kulit wajah saya.

Setelah bertahan beberapa bulan, hmmm kurang lebih 8-9 bulanan memakai Cetaphil - Cuka Apel - Moisturizer dari Cetaphil akhirnya saya bosen! Singkat cerita, saat bulan puasa kemarin "teracuni" oleh iklan dari toner Some By Mi yang 30 Days Miracle Toner dong. Dan saya memutuskan untuk mencobanya, dan akhirnya tidak cocok di saya. Efek pada kulit wajah saya yaitu gatal-gatal, beruntusan dan juga memerah dibagian dagu. Setelah dua minggu pemakaian, saya memutuskan untuk berhenti memakai ini. Dan balik lagi dengan maskeran dengan jeruk nipis atau lemon setiap pagi, dengan urutan cuci muka dengan air bersih - maskeran dengan perasan jeruk nipis atau lemon - bilas - cuka apel - Cetaphil Moisturizer.

Dan sekarang saya memakai produk lokal dari Indonesia tentunya, yaitu Sandarajiwa bukan Sandara Park yaa! :D Ini merupakan produk lokal Indonesia yang berpusat di Bandung. Lebih jelasnya kalian bisa buka atau kunjungi aja via Instagram di @sandarajiwa. Saya sudah pakai rangkaian skincare ini selama sebulan, dan Alhamdulillah kondisi kulit wajah saya membaik dan cocok!

Kita mulai masuk ke Morning Routine - Night Routine & Weekly Routine yuuuk!

Baca juga: My Skincare Routine 2017

Morning Routine




  • Cleansing
          Untuk cleansing di pagi hari, saya masih menggunakan kecintaan saya yaitu Gentle Skin Cleanser dari Cetaphil. Tapi terkadang cuman cuci muka pakai air bersih, lap pakai handuk bersih.

  • Toner
          Untuk toner saya memakai rangkaian dari Sandarajiwa yaitu Calendula Toner, kenapa saya memakai Calendula Toner? Karena tipe kulit wajah saya adalah Sensitive Skin. Saya pakai ini dua kali, pertama memakai kapas dan kedua disemprotkan saja ke wajah lalu di tepuk-tepuk agar meresap ke kulit wajah.
  • Serum
          Forbidden Day atau Morning Serum dari Sandarajiwa. Setelah memakai toner, saya memakai morning serum ini dengan cara disemprotkan saja ke wajah.
  • Essence
         Pi+ Essence (Daily Tonic) ini gunanya untuk meningkatkan warna kulit dan teksture pada wajah kita, cara pemakaiannya pun sama seperti serum atau Forbidden Day.
  • Sunscreen
         Sunscreen yang saya pakai sekarang sudah bukan Biore UV Aqua Rich Essence lagi, dan yang sedang saya pakai sekarang ini adalah dari Innisfree yaitu Perfect UV Protection Cream. Kenapa ganti? Karena Biore di kulit wajah saya menimbulkan komedo, akhirnya saya menggantinya dengan ini. Alhamdulillah di saya ini cocok, dan tidak menimbulkan komedo berlebih saat pemakaiannya.


Night Routine


  • Cleansing
          Untuk malam hari, saya memakai pembersih wajah atau facial foam dari Senka yang Perfect Whip. Ini awalnya keisengan semata, pengin coba yang lain dan agak berat untuk membersihkan pemakaian sunscreen eh ternyata bagus.
  • Toner
          Untuk toner saya masih sama, memakai Calendula Toner dari Sandarajiwa.
  • Serum
          Serum pun sama, tapi kenapa botolnya hitam? Karena ini Forbidden Night yang pemakaiannya untuk malam hari saja.
  • Essence
          Essence pun sama dari Sandarajiwa juga, dan ini bisa dipakai pagi dan malam hari.

Weekly Routine



  • Mask 
          Mask Routine atau Maskeran Ritual yang sekarang sedang saya pakai dan cinta adalah dua ini! Pertama best of the best adalah Mask of Magnaminty dari Lush dan kedua adalah Jeju Volcanic Color Clay Mask yang seri Brightening dari Innisfree. Sekarang saya sedang menghabiskan si Lush ini dulu, karena masa kadaluarsanya tinggal beberapa hari lagi, dan ini saya pakai tiap hari. Kalau si Innisfree saya pakai dua minggu sekali.


Sekian cerita saya kali ini tentang skincare, gimana cerita kalian? :)

---------------------------------------------------------------------------------
P R O D U C T L I S T
- Cetaphil

- Sandara Jiwa

Senka

---------------------------------------------------------------------------------

 P R O D U C T I O N

Camera: Xiaomi Redmi Note 5 (https://www.mi.co.id/id/redmi-note-5/)
Laptop: Asus X555b (http://a.co/dSgSvTz)

---------------------------------------------------------------------------------

disclaimer: I am not getting paid to make this article.
Love,

fridaputri

6 comments:

  1. Wah...lengkap banget produk skincare mbak, aku apa kabar ya? hehehe...

    Btw aku penasaran banget sama produk skincare sandrajiwa cos baru denger aku nama brand ini. TFS

    www.coolatmoshpeer.cos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini nggak lengkap-lengkap banget Mba, sandarajiwa bagus dari bahan alami dan juga dia produk lokal. Saya kenal sandarajiwa dari teman-teman dan guru-guru di ig😂

      Delete
  2. salam kenal mba Frida! mampir ke sini dari link di IBB forum di facebook. Mirip2lah dengan saya routinenya, kalo saya lebih simpel lagi karena ga suka terlalu banyak. Jadi ga pake essence.
    Mau komen soal Somebymi, thanks ya sudah mereview. Aku takut pake yg terlalu strong, jadi selama ini pun pake Cosrx AHA/BHA toner dan cukup menangkal komedo & sebaceous filaments tanpa harus over-exfoliating. Mba lumayan hebat juga ya tiap hari ada jeruk nipis/cuka apel, karena saya sensitif banget sama jeruk nipis. Cuka apel pun ga bisa tiap hari.

    Keep on writing!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga, saya justru untuk somebymi tidak cocok malah beruntusan dan muka memerah dibagian dagu. Plus gatal, buat Cosrx pengin coba tapi harganya lumayan high juga mau coba maju mundur takut kayak somebymi. Alhamdulillah cocok jeruk nipis atau lemon tiap pagi kalau kulit lagi bermasalah.

      Terima kasih semangatnya! :)

      Delete
  3. jadi pengen nyobain semuannya deh kak, ngomong ngomong hargannya berapa yah kak hehe

    ReplyDelete
  4. lengkap banget ya kak jadi penasaran pengen nyobain deh

    ReplyDelete