Jogja, Cinta Tanpa Akhir bersama #TemanHidup Traveloka

by - October 09, 2022

Jogjakarta merupakan kota yang membuat saya dan suami selalu jatuh cinta terhadapnya. Di mulai dari lingkungan, pariwisata dan juga makanannya. Apakah kami pernah bosan menginjakan kaki di Jogjakarta? Jawabannya, tentu saja tidak. Banyak sekali hal indah yang menarik kami untuk selalu kembali ke Jogjakarta.

Selama pandemi ini, membuat saya dan juga suami tidak bisa berpergian, karena sebuah alasan. Tapi kami yakin, akan adanya kemudahan dibalik kesulitan yang saat ini kami lewati seperti yang tertulis di dalam Al-Qur'an dalam surah ke-94 yaitu Al-Insyirah yang berbunyi, "Inna ma'al usri yusra".

Yuk jangan sedih-sedih dan tetap berpikir positif agar tetap waras! Mari dengarkan cerita saya dengan Traveloka!

Bisa dibilang, saya dan Traveloka adalah teman hidup sejati saat traveling (selain suami dan juga orang-orang yang saya cintai tentunya!). Traveloka sangatlah membantu dan mempermudah hidup saya, dimulai dari memesan kamar hotel atau booking hotel, tiket pesawat, tiket kereta api, tiket masuk ke tempat wisata dan juga lainnya. Tentunya dengan harga yang bersahabat, prosesnya gampang, no tipu-tipu pokoknya.

Beberapa hari yang lalu, ketika saya dan suami sedang berimajinasi tentang makanan-makanan yang enak dan memori yang indah di Jogjakarta tidak sengaja melihat notifikasi pada layar handphone, saya mendapatkan email dari Blogger Perempuan berupa adanya kompetisi blog yang bekerja sama dengan Traveloka. Tanpa berpikir panjang, saya memilih Jogjakarta sebagai destinasi impian kami. Mungkin ini adalah jawaban dari Allah SWT :D Jujur, ini merupakan kompetisi pertama yang saya ikuti, rasanya campur aduk dari memikirkan tulisan, gambar dan lainnya.


Mari kita kembali berbicara tentang Jogja

Ke Jogja ngapain aja sih? Apa tidak bosan?

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, Jogjakarta merupakan kota yang membuat kami selalu jatuh cinta! Mari kita jabarkan 3 alasan yang membuat saya dan suami jatuh cinta dengan Jogja.

- Murah

Menurut beautynesia.id, Jogja merupakan kota dengan biaya hidup kecil diantara kota-kota yang berada di Indonesia. Ini menjadi alasan utama saya selalu ke Jogja, karena dapat dikatakan tidak perlu lagi meragukan soal harga-harga yang murah disana.

- Destinasi Wisata

Bisa dikatakan Jogjakarta merupakan kota di Indonesia yang mempunyai destinasi wisata yang beragam seperti wisata kuliner, wisata budaya, wisata seni, wisata alam maupun wisata belanja. Hal ini yang membuat daya tarik Jogja menarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Dapat dilihat dari data BPS tentang data orang-orang yang berkunjung ke Jogjakarta menggunakan pesawat dan juga kereta api.

Data di ambil dari BPS D.I. Yogyakarta.

Untuk saya pribadi, Jogja merupakan kota dengan banyak pilihan wisata kuliner yang penuh rasa serta beragam. Hal ini yang menjadi pilihan saya memilih Jogja untuk berwisata kuliner agar dapat berkeliling ke tempat-tempat makanan yang akan memanjakan lidah dan memberikan rasa nyaman pada perut tentunya, haha.

- Masyarakat Jogja

Keramahan yang diberikan oleh masyarakatnya menjadi alasan yang kuat juga saya memilih Jogja sebagai tempat yang selalu saya tuju.

Things To Do Before Traveling

Lalu, apa saja yang harus kita siapkan saat akan bepergian? Kalau saya pribadi, menyiapkan rencana perjalanan, karena saya merupakan orang yang cukup detail dalam melakukan sesuatu, jadi hal ini sangat penting bagi saya. Sebagai contoh, saat saya mempunyai janji bertemu sahabat saya di sebuah pusat perbelanjaan, biasanya saya sudah menyiapkan beberapa daftar tempat makanan dan juga menunya, karena saya tahu bagaimana sahabat-sahabat saya, haha. Begitu juga dalam dunia traveling atau bepergian. Berikut ini merupakan skema yang biasa saya siapkan sebelum traveling:


- Siapkan Destinasi Tujuan

Pertama, ini menjadi hal terpenting sebelum traveling, menentukan kemana kita akan pergi nantinya. Dimulai dari kota tujuan kita, dan tempat-tempat yang akan kita kunjungi nantinya saat disana.

- Budgeting

Kedua, setelah menyiapkan destinasi tujuan yang kami mau, biasanya saya akan mengeluarkan kemampuan saya sebagai menteri keuangan di rumah tangga di dalam keluarga kecil kami, haha. Hal ini kami lakukan agar setelah pulang dari traveling, kami masih tetap dalam keadaan waras alias sehat hati dan juga pikiran.

- Scheduling

Ketiga, setelah menyiapkan destinasi tujuan dan juga budgeting, selanjutnya kami mengatur kapan kami akan pergi, dan saat kami traveling bagaimana mengatur waktunya nanti. Menyiapkan tanggal kepergian merupakan hal terpenting, apalagi untuk pekerja kantoran yang dimana harus mengajukan cuti jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Dan mengatur waktu serta menyusun rencana kemana kami akan pergi di tempat tujuan juga penting, agar tidak ada momen yang terbuang sedikitpun~

- Booking

Terakhir adalah "booking". Booking hotel, transportasi ke tempat tujuan berupa kereta api ataupun pesawat, transportasi dari rumah menuju bandara ataupun stasiun dan juga transportasi selama di tempat tujuan. Seperti contoh saat saya melakukan booking hotel di Traveloka berikut ini:


Pilihan booking hotel di Traveloka sangatlah banyak, gambar yang ditampilkan pun sangat sesuai dengan keadaan aslinya dan tentunya mereka menyiapkan fitur untuk menunjukan mana tanggal pemesanan paling murah. Pokoknya tidak pernah mengecewakan saat saya menggunakan Traveloka saat berpergian, dimulai dari booking hotel, proses pembayaran, dan juga pada saat check-in semuanya sangat mudah! Mau booking hotel murah? Ya di Traveloka saja~

Itinerary

Banyak sekali tempat, makanan dan juga budaya yang ada di Jogjakarta, rasanya ingin menghabiskan waktu banyak disana untuk mengunjungi semua tempat. Tapi apa boleh buat, jika kita mempunyai waktu terbatas untuk pergi ke sana. Bisa di lihat dibawah ini, saya membuat beberapa destinasi list yang akan saya kunjungi saat pergi ke Jogja.


Apakah waktu 4 hari sudah cukup untuk mengelilingi Jogjakarta? Jawabannya adalah tidak! Walau terlihat kecil, tapi Jogja mempunyai banyak tempat untuk di kunjungi. List di atas adalah list wajib yang bagi saya dan suami saat nanti akan berkunjung ke sana!

Saya memilih untuk stay di daerah Prawirotaman, mencoba hal baru dari sebelumnya. Karena biasanya saya stay di daerah Taman Siswa, Jogjakarta. Tempat pilihan saya untuk stay di Traveloka Hotel adalah Greenhost Boutique Hotel Prawirotaman adalah hotel impian tempat kami ingin menginap. Pasti sudah banyak yang tau, kalau tempat itu adalah tempat syuting AADC 2 (Ada Apa Dengan Cinta 2). Dan saya lihat dari review-review yang ada, hotel ini sangat nyaman untuk kita stay. Walaupun nantinya saat kita berada disana, tidak 100% berada di dalam kamar hotel, tapi tetap kami memilih tempat yang nyaman untuk beristirahat seteleh berkeliling kota Jogja.


Untuk kulineran, saya merekomendasikan Warung Bu Ageng, Warung Kopi Klotok, Lumpia Samijaya dan juga Sambal Mentah "Sambal Uleg Ndadak". Warung Bu Ageng ini dekat dengan Greenhost Boutique Hotel, dan rasanya enak sekali, dari suasana dan juga makanan itu mengingatkan kita akan kembali ke rumah, walaupun kelihatannya sedikit tapi ini sangat mengenyangkan di perut kami. Kedua adalah Warung Kopi Klotok yang terkenal itu, 3 kata untuk tempat makan ini murah, enak, pisang! Pisangnya enak sekali, kalian mesti dan datang mencobanya. Lumpia Samijaya, ini lumpia di sekitaran Malioboro dan sangatlah membangkitkan selera makan kita. Dan terakhir, Sambel Mentah "Sambel Uleg Ndadak" dijamin bikin nagih! Bukan hanya murah dan enak, tetapi ibu dan bapak yang jualan sangat lah ramah, kita juga boleh nambah nasi dan sambalnya loh disini.

Karena saya dan suami suka dengan wisata yang "adem" atau tidak panas, kami suka sekali berkunjung ke Hutan Pinus Mangunan dan sekitarnya. Kami bisa menikmati udara yang segar dan mendapatkan suasana alam disana. Harga tiket masuknya juga murah pastinya. Meninggalkan hiruk pikuknya kota Jakarta ke daerah ini, bisa menjadi obat terbaik untuk diri kita sendiri menurut saya.

Untuk oleh-oleh, saya merekomendasikan Grosir Batik Yudhistira yang berada di daerah Taman Siswa, tidak jauh lokasinya dari Pom Bensin Sentul. Disana banyak koleksinya, adem, tidak berdesak-desakan dan juga murah sama seperti Malioboro, hehe. Untuk oleh-oleh makanan, saya merekomendasikan Bakpiaku dan Chocolate Monggo. Bakpia yang dikeluarkan oleh Bakpiaku ini sangatlah lembut, dan banyak varian rasanya. Begitu juga Chocolate Monggo, banyak sekali varian rasanya dan keduanya khas dari Jogjakarta.

Seperti lagu Katon Bagaskara,
Jogja, Cinta Tanpa Akhir

Aaaaa jadi tidak sabar dengan sabar untuk #LihatDuniaLagi saat bumi ini sudah membaik nantinya! Jangan lupa siapkan list liburan menarik kalian, lalu tentunya booking hotel murah, tiket pesawat, tiket masuk wisata dan lainnya di Traveloka aja!


Yuk ‘#LihatDuniaLagi dan bikin #StaycationJadi’ dengan Traveloka! Langsung meluncur ke Traveloka lewat link ini:  https://trv.lk/kompetisi-lihatdunialagi-bloggerperempuan

-----------------------------------------------------

* P R O D U C T I O N *

Camera : Xiaomi Redmi Note 8 Pro (Xiaomi)
Editing : Tezza, Snapseed, Canva

-----------------------------------------------------

me!

Traveloka

Blogger Perempuan
-----------------------------------------------------

Thank you for reading and see you on another post.

Regards,


fridaputri

You May Also Like

6 comments