My Skincare Routine 2017

by - March 12, 2017


Assalammualaikum semuanya..




Post aku kali ini pengin bercerita tentang skincare-an. Sebenarnya aku udah pernah share my skincare routine, tapi ku-hapus haha sebagai gantinya ku buat lagi yang baru di tahun 2017 ini. Sebenarnya telat banget yaa aku mulai ber-skincare ria di usiaku saat ini, tapi enggak ada kata terlambat untuk memulai kan? XDD

Aku suka banget baca-baca Beauty Bloggers Racun Warna-Warni, Vani Sagita dan juga Youtubers yang aku suka adalah Gita Savitri dan Joankeem. Kurang lebihnya aku belajar dari mereka berempat tentang dunia per-skincare-an dan lainnya.

Yaa walaupun aku baru sekitar dua tahunan ini memberikan perhatian pada kulit wajahku, aku ingin sharing pada kalian semua yang membaca ini nantinya! Aku suka dengan sesuatu yang berbau ke-Korea-an pokoknya, tapi untuk urusan perawatan wajah sekarang ini aku hanya memakai beberapa step saja. Maklum aja, aku adalah orang yang mageran banget alias males gerak dengan urutan yang banyak.

Sebelum kita masuk ke apa-apa saja produk yang aku pakai, tipe kulit aku adalah oily skin dengan pori-pori yang cukup dibilang besar T_T Perlu diingat, setiap orang mempunyai tipe kulit yang berbeda-beda, belum tentu produk yang di aku cocok itu cocok di kamu. Dan juga belum tentu produk yang cocok di kamu itu cocok di aku :p

My Morning Skincare Routine




Kebiasaan setiap pagi aku itu enggak banget, mata melek langsung nyari handphone ngecek Whatsapp, E-mail dan lain-lainnya. Tapi kebiasaan baiknya adalah, aku selalu menyediakan satu botol air putih disamping tempat tidurku.

Setelah nyawa terkumpul dengan baik dan mager udah enggak datang, aku baru ke kamar mandi untuk cuci muka dan sikat gigi. Mandinya kapan? Mandinya ntar-ntaran aja ah :p Kalau skincare morning routinenya kapan? Morning skincare routine biasa aku lakukan setelah selesai beberes rumah, masak dan lainnya.

Urutan yang biasa aku lakukan di setiap pagi atau step by step-nya
Facial Wash → Toner → Moisturizer → Sunscreen → Lip Balm → Hand & Body Lotion


 Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Price: 149.000 IDR (after discount)
Netto: 500ml
Where to Buy: Guardian,Watsons, The Food Hall, Century etc
click here, for more information 

Untuk sabun muka aku menggunakan Cetaphil Gentle Skin Cleanser, ini cocok untuk muka berminyak, normal ataupun kering. Kenapa enggak pakai khusus yang oily skin? Muka-ku enggak terlalu berminyak, dan aku enggak mau menghilangkan minyak di muka-ku. Aku pakai si Cetaphil ini kurang lebih sudah delapan bulanan. Sebelum menggunakan si Cetaphil, aku menggunakan sabun cuci muka dari Clean&Clear yang Essential Foaming Facial Wash. Alhamdulillah tidak ada masalah aku menggunakan ini sampai saat ini, walau kelihatannya mahal harga dari Cetaphil untuk ukuran 500ml ini sekitaran 150k sekali beli tapi bisa dipakai berbulan-bulan itu hitungannya murah loh :D

Etude House Wonder Pore Freshner

Price: 200.000 IDR (after discount)
Netto: 500ml
Where to Buy: Etude House Counter, Althea, Website Etude House
click here, for more information

Untuk toner, aku memakai Wonder Pore Freshner dari Etude House yang ukuran 500ml. Ini aku pakai dari bulan Oktober, kira-kira sudah lima bulanan. Sampai saat ini belum ada perubahan yang terlihat pada pori-pori diwajahku. Mungkin harus sabar sesabar mungkin dan butuh perjuangan untuk merawat pori-pori diwajahku. Sama halnya dengan facial wash, tadinya aku pakai toner dari Clean&Clear yang Essentials Oil Control. Dan itu ngefek banget buat ngurangin minyak di wajahku. 

Selama pemakaian lima bulanan, belum ada setengahnya dari botol si gendut biru muda ini. Aku beli ini nitip ke temenku, kalau enggak salah harganya sekitar 200k waktu aku titip. Aku berharap ada perubahan pada kulit wajahku, tepatnya si pori-pori yang lagi pada arisan di kulit wajahku :D

Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera 92%

Price: 47.500 IDR (after discount)
Netto: 300ml
Where to Buy: Nature Republic Counter, Althea, Website Nature Republic
click here, for more information

Suka-suka sama moisturizer dari Nature Republic ini! Awal pertama beli itu awal-awal tahun 2016 di Althea itu E-Commerce dari Korea yang menjual produk-produk kecantikan original dan terpercaya :D Si Soothing Gel ini baru habis pada bulan ini alias bulan Maret 2017. Setahun lebih beberapa bulan pakai ini, biasanya aku simpan si Aloe Vera ini di dalam kulkas.

Bentuknya gel dan baunya seger-seger gitu. Bau Aloe Vera-nya benar-benar bisa menenangkan pikiran dan bangkitin mood. Tekstur gel-nya juga gampang meresap pada kulit wajahku. 

Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++

Price: 33.000 IDR
Netto: 40gram
Where to Buy: Guardian,Watsons, The Food Hall, Century etc
click here, for more information

Sunscreen yang aku gunakan adalah dari Skin Aqua yang UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++. Tadinya aku ingin beli yang Normal to Oily, yang tutup dan botolnya warna putih susu gitu, tapi kosong mulu enggak kebagian jadinya aku memilih ini untuk sunscreen yang aku gunakan setiap hari. Ini merupakan botol keduaku, tadinya aku coba-coba belok ke Emina, tapi kurang cocok dikulitku. 

Next kalau botol kedua udah abis, aku mau nyobain sunscreen dari COSRX Sun Cream SPF 50+ PA+++ yang katanya bagus banget buat melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari. 
Nb: Untuk Cosrx Sun Cream SPF 50+ PA+++ bisa dilihat disini.

Wardah Lip Balm Orange

Price: 22.000 IDR
Netto: 6.5gram
Where to Buy: Wardah Counter, Carefour, Tip Top etc
click here, for more information

Pelembab untuk bibir alias lip balm itu perlu banget untuk bibir agar tidak kering kerontang. Aku cinta banget sama si Wardah ini, dia nemenin aku sejak pertama kali dia keluar. Dia berhasil melembabkan bibirku dari kekeringan, 

Berniat untuk nyoba yang lain? Iya sih, pengin nyoba produknya Vaseline yang di jar kecil itu, harganya lebih mahal dibandingkan si Wardah ini. Kemarin nyobain punya temen, teksturnya hampir sama dengan ini tapi dia menurutku lebih moist dibandingkan si Wardah.

Vaseline Healthy Sunblock SPF 30

Price: 28.000 IDR (after discount)
Netto: 100ml
Where to Buy: Guardian, Watsons, Carefour etc
click here, for more information

Si Sunblock ini aku beli waktu itu karena butuh banget buat liburan,tapi menurutku sih ya enggak ngefek apa-apa, tetap aja belang dikaki dan tangan tapi agak melindungi sedikit XD Aku pakai setiap mau pergi maksimal 10-15 menit sebelum keluar rumah. Dan 2 jam sekali diulang agar hasilnya maksimal. Mungkin enggak ngefek di aku kemarin karena aku gak melakukan prosesnya dengan benar kali yaaaaa :p

My Night Skincare Routine


Pada langkah pagi dan malam hari skincare routine-ku sama saja kok, hanya ada item yang diubah sedikit aja enggak banyak-banyak :p Untuk malam hari aku memfokuskan untuk mencerahkan kulit wajah. Iyaa cerah biar pada-pada terpesona gitu XDD

Sebenarnya diusiaku yang sekarang ini yang sudah memasuki usia 25 tahun membutuhkan perawatan anti aging, tapi aku belum menemukan apa enaknya ya masih dalam proses pencarian dan pencocokan pada kulit wajahku.

Urutan yang biasa aku lakukan pada malam hari adalah:
Facial Wash → Toner → Moisturizer → Essecence/Serum 
→ Lip Balm → Hand & Body Lotion

Clean&Clear Natural Bright Face Wash

Price: 14.900 IDR (after discount)
Netto: 100ml
Where to Buy: Guardian, Watsons, Carefour, Alfamart, Indomaret etc
click here, for more information

Untuk malam hari aku menggunakan Clean&Clear Natural Bright Face Wash, kenapa aku gunakan ini? Karena untuk malam hari itu aku memfokuskan untuk mencerahkan kulit di wajahku. Si Pink ini udah hampir habis, aku lupa belinya kapan hehe maaf yaaaa :)

Sejauh ini aku memakai si Clean&Clear ini, kulih wajahku sedikit nampak cerah. Semoga makin cerah lagi yaaaa nanti hihi Mungkin untuk hasil yang maksimal aku harus repurchase lagi atau mungkin ganti sabun cuci muka lainnya? Hmmm kita saja nantinya gimana~

Garnier Light Complete White Speed Super Essence

Price: 29.900 IDR
Netto: 10ml
Where to Buy: Guardian, Watsons, Carefour, Alfamart, Indomaret etc
click here, for more information

Pada malam hari, aku menggunakan essence atau serum dari si Garnier ini. Jujur tahap ini sering kelupaan, atau sering banget malas karena waktu itu tiba-tiba breakout dan akhirnya memberhentikan sementara. Tapi sekarang udah baik-baik saja, Alhamdulillah :D

Aku beli ini itu bulan Desember awal kalau enggak salah yaa, beli di Indomaret yang baru banget buka deket sekolahku waktu SD yaitu SDS Perguruan Rakyat di Pondok Bambu.

➼ Secret Key Snail Repairing Essence

Price: 120.000 IDR
Netto: 60ml
Where to Buy: Secret Key Counter, Althea, Amazon etc
click here, for more information

Untuk essence aku melakukan double essence. Secret Key ini memberikan perawatan untuk mengenyalkan kulit pada wajah. Dan juga memberikan rasa segar pada kulit berminyak, sedangkan pada kulit kering dia memoisturizerkan kulit. Essence ini aman digunakan untuk kulit kering maupun berminyak menurutku. Harganya pun masih masuk di akal untuk ukuran 60 ml produk dari brand ternama.

➼ Vaseline Healthy White UV Lightening

Price: 44.000 IDR (after discount)
Netto: 400ml
Where to Buy: Guardian, Watsons, Carefour etc
click here, for more information

Hand & Body lotion sejuta umat. Setuju kah kalian? Iya ini memang hand & body lotion sejuta umat. Wangi dan lain-lainnya aku suka. Aku udah berkali-kali repurchase ini dan enggak berpindah kelainnya. Aku gunakan sebelum tidur untuk merawat kulitku.


My Weekly Skincare Routine



Kok beras sih? Kenapa beras? Iya ini memang beras, beras organik lebih tepatnya. Empat kali dalam seminggu aku menggunakan beras organik ini sebagai masker. Dan ini sangat ampuh untuk mencerahkan kulit ataupun membersihkan flek-flek hitam.

Aku menularkan ini kepada tanteku, kurang lebih dalam beberapa bulan mukanya dia jadi mulus karena teratur memakai masker berasnya, tapi di aku agak terhambat karena rasa malas untuk mengolahnya menjadi masker.

Gimana caranya beras dijadiin masker? Gampang sebenarnya, kalian tinggal cuci beras organik dengan air dan biarkan beras tersebut direndam dalam air selama dua hari. Setelah itu baru kalian tumbuk berasnya dan dijadikan masker.

Aku beli beras organik ini 2kg di Carefour dengan harga sekitaran 55.000 IDR pada bulan Februari, cukup hemat sampai saat ini baru dua sampai empat gemgam saja yang dipakai.

Ini perawatan kulitku, bagaimana dengan kamu? Sharing yuk biar sama-sama menambah ilmu lagi kita~

Follow me :

Regards,

You May Also Like

8 comments

  1. bisa dibilang aku suka banget sama CnC tapi untuk yang bright aku kurang suka huhu

    isthiud.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga suka produk CnC, kenapa kurang suka dengan yang bright kamu? hehe

      Delete
  2. masker beras organik ? wah beneran baru tahu aku thx frida, ini menarik. nice info. :)

    asmirani-latang.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa masker beras organik, sama-sama Asmirani :)

      Delete
  3. Rajin ya pakai hand n body pagi sama malam. Aku ingat pakai pagi aja udah syukur hahaha. Ga pernah suka karena lengket, tapi tetap kalau belanja suka kalap juga XD

    ReplyDelete
  4. Waah...tahapannya banyak juga, ya...
    Saya juga termasuk yang mager kalo harus melalui banyak tahap untuk merawat muka. Paling hanya pakai pembersih dan krim pelembab aja.

    ReplyDelete
  5. Aku juga bakal males banget buat masker nya. Menurutku enakan beli ovale masker beras daripada numbuk. :D

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
  6. Wah aku juga pake wonder pore sama secret key-nya loh >__<
    Rajin banget numbuk berasnya :D Kalau aku mending beli masker yang udah jadi *Alo terlalu mager*

    Aku pernah share skincare routine ku 2016 lalu disini >>> http://sweetmacaroonbyalo.blogspot.co.id/2016/10/my-current-skincare-routine.html

    ReplyDelete